Tips Perbaiki Hardisk Rusak Tidak Terbaca Oleh BIOS

Posted on

Advertisement
tips perbaiki hardisk rusak tidak terbaca oleh BIOS

Advertisement
tips perbaiki hardisk rusak tidak terbaca oleh BIOS

Tips Perbaiki Hardisk Rusak – Sebuah PC memiliki banyak sekali komponen yang terintegrasi di dalamnya dengan berbagai fungsi. Diantara berbagai perangkat keras yang menyusun sebuah PC, mungkin hardisk adalah sebuah komponen yang paling vital dan menyusahkan jika sampai rusak. Komponen lain bisa saja diganti dengan komponen yang baru dengan hanya bermodal uang, namun hal ini mungkin sedikit menyusahkan jika hardisk yang rusak sebab Anda tidak hanya harus menggantinya dengan yang baru tetapi juga bakal kehilangan berbagai data yang tersimpan di dalamnya.

Hardisk rusak bisa berasal dari berbagai sebab, mulai dari bad sector, tidak terbaca dan lain-lain. Lalu apa yang harus anda lakukan jika itu terjadi? Tenang dan jangan panik, coba ambil nafas dalam-dalam dan simak tips perbaiki hardisk rusak berikut ini

Tips Perbaiki Hardisk Rusak Tidak Terbaca Oleh BIOS

Biasanya jika hardisk tidak terbaca oleh sistem operasi, ada kalanya BIOS sebagai sistem dasar yang mengendalikan komputer masih bisa mendeteksinya. Nah jika BIOS ternyata juga tidak berhasil mendeteksi hardisk, Anda dapat melakukan langkah-langkah tips perbaiki hardisk rusak di bawah ini.

  • Sebagai penanganan awal, lihatlah menu pengaturan hardisk pada BIOS. Ada kemungkinan hardisk dinonaktifkan sehingga hardisk tidak terdeteksi, jadi rubah pengaturannya menjadi ON.
  • Periksalah kabel dan arus listrik yang dialirkan ke hardisk. Kesalahan kecil yang tidak hati-hati dapat menyebabkan hardisk tidak terhubung sempurna ke PC. Kabel mungkin saja rusak atau terputus untuk itu pastikan anda memeriksanya dengan teliti. Putusnya kabel dapat diperiksa dengan mengganti kabelnya dengan kabel yang baru.
  • Periksa kondisi hardisk dan pastikan piringannya bekerja dengan baik dan berputar dengan sempurna. Jika Anda tidak menemukan ssesuatu yang aneh ketika mencoba memperbaikinya, maka kemungkinan besar hardisknya memang bermasalah.

Nah, demikianlah tips perbaiki hardisk rusak tidak terbaca oleh BIOS dari kami. Semoga Anda dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan tips perbaiki hardisk rusak tidak terbaca oleh BIOS ini.


Advertisement
Baca Juga:  Tips Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi