Tips Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Posted on

Advertisement

 

Mengatasi Android Lemot

Advertisement
Mengatasi Android Lemot

Mengatasi Android Lemot – Apakah ponsel Android Anda lemot dan kinerjanya menurun? Sama seperti PC dan sistem operasinya, ponsel Android akan mengalami penurunan performa dikarenakan banyak hal. Biasanya hal ini berhubungan dengan beban prosesor dan RAM yang berlebihan akibat banyaknya aplikasi yang berjalan. Sebenarnya Android menyediakan banyak aplikasi yang dapat membantu Anda meningkatkan performa ponsel Android, tetapi memasang aplikasi baru terkadang malah akan menambah beban sehingga ponsel semakin lambat.

Untuk mengatasi Android lemot sebenarnya bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi apapun. Beberapa tips mengatasi android lemot di bawah ini dapat membantu anda untuk tetap menggunakan ponsel tanpa merasa sebal. Yuk, disimak!

  • Matikan semua menu animasi tampilan

Cara paling mudah untuk melihat menurunnya kinerja ponsel Anda adalah respon yang melambat. Hal ini bisa ditemukan pada lambatnya perpindahan menu, membuka pesan, dan lain sebagainya. Jika ingin mengatasi android lemot, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menonaktifkan animasi perpindahan menu di menu Setting-Developer Options kemudian cari pilihan window animation scale,Animator duration scale, dan transition animation scale dan nonaktifkan 3 pilihan tersebut.

Baca ini: Tips Mempercepat Charging HP Android dan iPhone

  • Jangan gunakan Live Wallpaper

Salah satu fitur menarik dari ponsel Android adalah Live Wallpaper. Live Wallpaper memungkinkan kita untuk memberikan gambar animasi sebagai walpaper ponsel. Fitur ini memang sangat menyenangkan tetapi juga cukup menambah beban kerja pada sistem. Nah, untuk itu lebih baik gunakan saja wallpaper biasa atau gambar statis untuk mengatasi android lemot.

  • Kurangi Penggunaan Widget yang Tidak Perlu

Widget adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan akses cepat terhadap aplikasi tertetu pada ponsel Android. Widget merupakan shortcut dengan menu penggunaan yang lebih luas daripada shortcut icon yang ada di PC yang biasanya dimanfaatkan untuk menampilkan sesuatu secara real time seperti Newsfeed jejaring sosial, jam, suhu, dan lain sebagainya.

Widget dapat menjadi sangat bermanfaat karena fungsionalitas dan informasi yang disajikan real time. Tetapi dengan menampilkan informasi ini, Anda akan membebani ponsel sehingga kinerja akan menjadi semakin berat. Oleh karena itu, pastikan anda hanya menampilkan widget yang benar-benar diperlukan di halaman home ponsel.

  • Gunakan memori eksternal dengan kecepatan tinggi

Banyak yang tidak mengetahui tentang perbedaan kecepatan pada memori eksternal atau SD Card. Biasanya perbedaan kecepatan ini dilambangkan dengan class. Class bervariasi dengan nilai tertinggi 10. Dengan menggunakan SD Card yang memiliki class tinggi, maka akses data akan menjadi semakin cepat dan tidak terlalu membebani sistem sehingga hal ini bisa mengatasi android lemot.

Baca lagi: Tips Cerdas Mengatasi Android Cepat Panas

  • Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Memori internal ponsel Android harus dijaga agar setidaknya 10% dari jumlah keseluruhan kapasitasnya kosong. Ini perlu dilakukan agar kinerja ponsel Android tetap terjaga dan mengatasi android lemot. Oleh karena itu, jangan biarkan aplikasi yang jarang atau malah tidak pernah anda gunakan tetap berada di dalam sistem Android.

Nah, seperti yang anda telah simak. mengatasi Android lemot tanpa aplikasi mungkin dilakukan bukan? Tips mengatasi android lemot tanpa aplikasi tadi semoga bisa membantu anda untuk kembali menikmati aktifitas anda bersama ponsel Android anda.


Advertisement
Baca Juga:  Tips Pilih Kapasitas Power Bank untuk Traveling