Mediatek vs Snapdragon, Kelebihan dan Kekurangan


Advertisement

Mediatek vs Snapdragon – Smartphone Android memiliki banyak sekali dukungan spesifikasi serta fitur yang ada di dalamnya, kadang-kadang orang banyak mengenal istilah spesifikasi yang ada dalam smartphone Android namun tidak mengerti apa sih kegunaan dan keunggulan dari spesifikasi tersebut.

Sebagai contoh Disini saya akan berikan tentang Random Access memory atau biasa disebut dengan singkatan RAM. Nah Random Access memory atau Ramini berfungsi untuk menampung sesaat tugas aplikasi yang berjalan sebelum diteruskan atau dikerjakan oleh prosesor.

Jika dalam smartphone Android memiliki memori RAM yang besar tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan karena kita bisa menjalankan banyak sekali aplikasi, selain itu bagi yang maniak game memiliki handphone dengan RAM besar akan sangat membantu melancarkan kinerja permainan game. Dengan adanya RAM besar pun grafis yang tersaji pada sebuah aplikasi bisa begitu nampak keunggulannya.

Nah selanjutnya Mari kita coba membahas tentang istilah processor atau CPU. Processor atau CPU adalah komponen mesin yang bertugas menjalankan aplikasi aplikasi yang ada dalam smartphone Android. Untuk istilah processor yang saya ketahui saat ini adalah 3 yang pertama MediaTek, yang kedua Qualcomm Snapdragon, dan yang ketiga Intel Atom.

Untuk ulasan kali ini saya resmi akan membuka pertandingan lebih bagus manakah kiranya jika diadu antara prosesor MediaTek dengan Qualcomm Snapdragon.

snapdragon


Advertisement

Prosesor MediaTek

Prosesor MediaTek adalah chipset berasal dari negara Taiwan yang banyak sekali digunakan pada smartphone smartphone Android kelas low entry. Namun untuk sekarang ini prosesor MediaTek juga sudah banyak yang digunakan pada kalangan smartphone kelas atas.

Untuk keunggulan prosesor MediaTek lebih berperforma dan mampu untuk menyajikan kecepatan yang begitu unggul. Akan tetapi alhasil dari performa tersebut prosesor pun akan mudah menjadi panas, kendala inilah yang biasanya dialami oleh banyak smartphone Android yang didiami oleh prosesor MediaTek.

Selain juga mengalami overheting jika digunakan terlalu lama, prosesor MediaTek juga menggunakan terlalu banyak daya tenaga baterai sehingga kondisi energi baterai pun cepat terkuras, oleh karena itu jika menggunakan prosesor MediaTek maka seharusnya smartphone Android tersebut mempunyai dukungan kapasitas baterai yang besar.

adu processor

Processor Qualcomm Snapdragon

Selanjutnya adalah prosesor Qualcomm Snapdragon yang diproduksi oleh American Company atau perusahaan dari Amerika. Prosesor Qualcomm banyak disematkan dalam smartphone – smartphone kelas menengah ke atas, dan rata-rata kita bisa menjumpai prosesor ini pada ponsel Android besutan Sony Mobile.

Untuk keunggulan performa prosesor Qualcomm sangat handal, mulai dari menjalankan multitasking, bermain game, serta menjalankan tugas berat pun tidak ada kendala. Selain itu prosesor Qualcomm Snapdragon juga tidak terlalu mudah panas sehingga smartphone dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Keunggulan lainnya dari prosesor Qualcomm Snapdragon adalah iritnya terhadap energi baterai sehingga walaupun dipakai dalam kurun waktu lama pun baterai tidak cepat habis.

mediatek vs snapdragon

Nah dari penjelasan singkat diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa :

Pertama prosesor MediaTek mempunyai keunggulan yang sangat baik dalam hal performa akan tetapi sangat boros terhadap baterai dan juga mesin cepat menjadi panas. Berbeda halnya dengan prosesor Qualcomm Snapdragon yang memiliki kemampuan yang menyamai MediaTek, namun untuk daya baterai irit dan juga mesin tidak cepat menjadi panas.

Jadi di sini tentu saja kita sudah bisa melihat lebih unggul mana antara prosesor MediaTek dan juga prosesor Qualcomm Snapdragon, namun juga perlu dicatat jika smartphone Android yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon biasanya adalah kalangan menengah ke atas dan sangat jarang sekali ada yang menggunakan prosesor tersebut untuk handphone kalangan menengah kebawah.

Sedangkan berbeda halnya dengan MediaTek yang mana prosesor tersebut hampir bisa ditemui dalam smartphone baik itu kalangan bawah, menengah maupun kini ada yang hingga kalangan atas.

Bagi Anda yang menginginkan ponsel Android dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon tentunya harus mengeluarkan dana yang lebih, akan tetapi bagi anda yang menginginkan smartphone dengan prosesor MediaTek di dalamnya maka tidak memerlukan dana besar untuk bisa mendapatkan ponsel tersebut.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda tentang adu kualitas prosesor MediaTek vs Qualcomm Snapdragon. Mudah-mudahan sedikit informasi diatas memberikan banyak

tambahan pengetahuan terbaru bagi anda, jadi kita tidak hanya mempunyai smartphone Android Namun kita juga pun bisa mengetahui lah tentang sedikit apa-apa yang ada dalam smartphone yang kita punyai seperti halnya processor MediaTek dan juga Qualcomm yang sudah kita bahas di atas tadi.


Advertisement
Populer di Harga HP:
    adu irit baterai chip snapdragon vs mediatek, irit mana mediatek atau snapdragon, 
Mediatek vs Snapdragon, Kelebihan dan Kekurangan | adminhpini | 4.5